Selamat Datang di Perpustakaan Universitas Ma Chung

Layanan

SIRKULASI

Jasa layanan sirkulasi terdiri dari jasa peminjaman, perpanjangan dan pengembalian bahan pustaka (buku), serta pemesanan buku yang sedang dalam peminjaman.Jasa layanan ini telah menggunakan sarana komputer, dan masing-masing koleksi buku telah dilengkapi dengan barcode sehingga memudahkan identifikasi , kecepatan dan ketepatan pada proses transaksi di sirkulasi. Pemanfaatan teknologi komputer juga diterapkan untuk penyebarluasan informasi buku, sehingga data buku paling baru dapat secara langsung diakses terminal komputer yang telah tersedia di perpustakaan melalui OPAC.

 

PROSEDUR PEMINJAMAN BAHAN PUSTAKA

DI PERPUSTAKAAN OEI IE PAN UNIVERSITAS MA CHUNG

1.    Peminjam tidak diperkenankan meminjam bahan pustaka atas nama orang lain.

2.    Jenis Peminjaman.

    a.)    Peminjaman luarbiasa.

Dosen dapat meminjam selama 1 (satu) semester maksimal 7 (tujuh) bahan pustaka berupa buku,  jika dipergunakan sebagai buku penunjang wajib dalam perkuliahan. Selain itu, dosen dapat meminjam buku dengan jenis peminjaman biasa.

    b.)    Peminjaman biasa.

Dosen, Staff, dan Mahasiswa dapat meminjam koleksi bahan pustaka maksimal 3 (tiga) bahan pustaka dengan jenis koleksi yang berbeda (koleksi buku dan/atau koleksi audiovisual berupa CD ROM, VCD, DVD ROM, dan DVD) dengan ketetntuan :

1)    Jangka waktu peminjaman koleksi audiovisual selama 2 (dua) hari.

2)    Jangka waktu peminjaman koleksi buku selama 2 (dua) minggu.

   c.)   Peminjaman mahasiswa tugas akhir.

Mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi/tugas akhir/menempuh ujian akhir dapat meminjam maksimal 5 (lima) bahan pustaka dengan jenis koleksi yang berbeda (koleksi buku dan/atau koleksi audiovisual) dengan ketentuan :

 1)  Jangka waktu peminjaman koleksi audiovisual selama 2 (dua) hari.

 2)  Jangka waktu peminjaman koleksi buku selama 2 (dua) minggu.

 3)     Untuk koleksi audiovisual pelengkap buku referensi tidak dapat di pinjam oleh Dosen,  Staff, dan Mahasiswa.

 4)    Perpanjangan dan pemesanan bahan pustaka

a.   Perpanjangan peminjaman bahan pustaka, jika masih diperlukan dan tidak ada yang memesan dapat diperpanjang selama jangka waktu yang sama maksimal 2 (dua) kali.

b.   Syarat pemesanan bahan pustaka yang sedang dipinjam yakni dengan menulis nama serta nomor induk mahasiswa pemesan pada kartu bahan pustaka yang dipesan melalui petugas sirkulasi

c.  Apabila dalam 3 (tiga) hari setelah bahan pustaka tersedia, bahan pustaka pesanan belum diambil oleh pemesan pertama, maka bahan pustaka tersebut boleh dipinjam oleh pemesan kedua dan seterusnya.

 

Buku yang dapat dipinjam hanya yang berlabel hitam , sedangkan buku berlabel merah/ koleksi referensi tidak dapat dipinjam, dan hanya boleh dibaca serta difotokopi di perpustakaan. Pengecualian peminjaman buku berlabel merah ini, bila ada izin dari pimpinan perpustakaan.

 

WAKTU LAYANAN :

 Senin s.d. Jum’at pkl. 08.00 – 17.00

000089
Visit Today : 0